Friday 9 April 2021

Resep Nasi Biryani Ayam

 

Nasi Biryani adalah makanan khas India yang umumnya berbahan dasar beras basmati dan lauk berupa daging kambing, ayam, atau sapi. Nasi dan lauknya dimasak bersamaan dan dibumbui dengan aneka rempah sehingga menciptakan cita rasa yang otentik.

Nasi Biryani memiliki arahan rasa yang menyerupai Nasi Kebuli, tetapi sedikit berbeda karena juga mencampurkan yoghurt saat proses memasak. Saat disajikan, nasi biryani ditemani oleh saus kacang pedas dan saus yoghurt sebagai pelengkapnya.

Ternyata nasi biryani banyak penggemarnya juga ya di Indonesia. Di Bandung, kota tempat tinggal saya, mulai banyak resto-resto yang menyajikan kuliner khas India ini.  Pernah diajak sama suami ke salah satu resto di Jl. Riau, yang nasi biryani nya favorit. Nasi Biryani di sana disajikan dengan sangat otentik, tidak hanya bahan baku dan rasa, tapi juga suasana ruangan di dalam resto. Enak dan mevvah, kesan pertama saya ketika menikmati hidangan ini di resto itu. Tapi harganya juga mewah, bukan jadi resto yang bisa sering-sering kami kunjungi. 😂 Karena rasanya ngangenin, saya jadi termotivasi untuk bisa memasaknya sendiri.

Setelah mempelajari resep-resep yang beredar di google dan youtube dan mencobanya beberapa kali, saya bisa menarik kesimpulan bahwa tidak heran jika semakin otentik rasanya, semakin melangit harganya. Beberapa bahan yang diperlukan memang masih jarang digunakan di negara kita.

Nah, berikut ini resepnya saya rangkum. Jadi resep andalan saya untuk memasak Nasi Biryani ayam  buat orang-orang tersayang 😘


Nasi Biryani Ayam disajikan dengan saus yoghurt (dokumentasi pribadi)

Resep Nasi Biryani Ayam

Bahan :

-          3 cup beras basmati

-          1 sdm garam

-           1 kg ayam, potong-potong, blansir

-          1 cup yoghurt

-          1 sdm pasta tomat

        Sejumput Saffron


Bumbu :

-          2 sdm Margarin

-          2 sdm minyak goreng

-          1 siung bawang bombay ukuran sedang, cincang

-          1 sdm jahe yang sudah dihaluskan

-          1 sdm bawang putih cincang

-          1 batang kayu manis (+/- 10 cm)

-          2 butir lemon, diperas

-          3 lembar daun salam kecil

-          3 butir cengkeh

-          3 butir kapulaga

-          2 butir tomat ukuran medium, cincang

-          1 sdm ketumbar bubuk

-          1 sdm paprika bubuk

-          1 sdt jinten bubuk

-          1 sdt kunyit bubuk

-          ¼ sdt kayu manis bubuk

-          1 sdt seven spices

-          1 sdt kaldu bubuk

-          1 sdm garam


Bahan pelengkap :

-          Yoghurt

-          Bawang bombay cincang

-          Seledri

-          Kacang2an goreng

-          Kismis/ Dried fruit lainnya

 

Cara memasak :

1. Panaskan margarin dan minyak goreng dalam panci

2. Tumis bawang bombay sampai layu. Tambahkan jahe, Bawang putih, kayu manis, lemon peras, daun salam, cengkeh, dan kapulaga, sambil sesekali diaduk.

3. Masukkan ayam, aduk lagi

4. Tambahkan irisan tomat dan bumbu-bumbu bubuk. Aduk rata

5. Masukkan yoghurt dan pasta tomat. Aduk. Tambahkan air mendidih +/- 500 ml. Didihkan. Sesuaikan rasanya. Masak hingga bumbu meresap +/- 45 menit

6. Sambil menunggu ayam matang, cuci bersih beras basmati, rendam bersama 1 sdm garam. Rendam selama +/- 1 jam.

7. Setelah ayam matang, sisihkan ayamnya, Saring kuahnya.

8. Tiriskan beras basmati. Siapkan +/- 500 ml air mendidih dalam panci antilengket, campurkan 3 sdm minyak goreng. Masukkan beras. Tutup panci. Rebus +/- 7 menit sehingga beras menjadi nasi setengah matang. Tiriskan.

9. Tuang 3 sdm minyak goreng ke dalam panci anti lengket. Masukkan setengah bagian nasi. Tata semua ayam di atasnya. Tindih dengan semua bagian nasi yang tersisa. Tambahkan +/- 400 ml kuah. Tambahkan saffron. Tutup panci. Masak +/- 15 menit.

10. Buat saus yoghurt : yoghurt plain + bawang bombay cincang + seledri cincang

11. Saus kacang : bumbu hasil saringan kuah, pisahkan daun salam, kayu manis, cengkeh, dan kapulaganya. Blender bersama kacang goreng, cengek, dan sedikit kuah.

12. Tata nasi biryani di atas wadah. Beri topping sesukanya : seledri aneka kacang (mis. Almond, dsb), aneka dried fruit (kismis, dsb). Sajikan bersama saus yoghurt dan saus kacang.


Prosesnya lumayan panjang ya. But trust me, it is worth the effort! 😁👌

Selamat mencoba ya 🤗

 

Intip resep lainnya, yuk!

Nasi Kebuli Kambing

Ayam Panggang Paprika

Bolu Kukus Tanpa Emulsifier

Share:

0 comments:

Post a Comment

Disclaimer

Dear reader, Nothing is perfect, demikian juga konten di blog ini. Oleh karena itu, terimakasih untuk komentar, sharing, saran, kritik dan untuk kunjungannya ke blog saya, yang walaupun imperfect namun semoga bermanfaat. ♥ vidya ♥

Labels

Drop me a message

Name

Email *

Message *

Recent Posts

About me

Empat tahun mengenyam pendidikan S1 Sekolah Farmasi, saya melanjutkan Pendidikan Profesi Apoteker satu tahun. Alhamdulillah semuanya dilancarkan dan saya berkesempatan berkarya di dunia industri kosmetik setelah saya lulus Pendidikan Profesi. Tiga tahun berkiprah di dunia itu, saya memutuskan berhenti sementara dari dunia karir demi berkumpul dengan keluarga kecil di Leoben, Austria

Saya mengenal blog semenjak kuliah profesi. Saya memiliki blog pribadi dan bergabung menjadi author di www.apotekerbercerita.com. Sebelumnya saya hanya menumpahkan isi pikiran di diary. Namun saya baru menyadari kecintaan menulis justru setelah berada di Austria. Dengan menulis saya banyak membaca dan belajar, mengingat, belajar berkomunikasi, belajar bertanggung jawab dan akhirnya saya mengijinkan diri saya sedikit berbangga dan bahagia meskipun mungkin menurut orang itu biasa saja hihi. Saya merasa ada yang terobati setiap bisa menyelesaikan satu judul tulisan. Maka saya pikir tidak ada alasan untuk berhenti menulis.

Terimakasih kepada siapa saja yang sudah berkunjung, selamat membaca dan semoga konten webblog ini bisa bermanfaat.

Salam hangat,

Vidya