Thursday 11 February 2021

Nasi Kebuli Kambing

Got the recommendation recipe from my Egyptian friend. Thanks once again dear Ghadeer 🤗

Btw, walaupun pakai kambing, aroma khas lemak kambingnya yang suka bikin enek hilang sama sekali lho. Dagingnya juga empuk, anak-anak bisa ikut makan.

Resep Nasi Kebuli

Bahan
3 cup Beras Basmati
500-750 gram Iga/ paha kambing muda, cuci bersih, blansir
2 sdm Minyak goreng/ mentega/ minyak samin
1 butir Bawang bombay
2 cup bawang merah cincang
3 lbr Daun salam
3 batang Kayu manis
6 buah Kapulaga
8 biji Cengkeh
2 sdm Bawang putih halus
3 buah jeruk nipis kecil, peras, saring bijinya
1 sdt lada putih bubuk
2 cup pure tomat merah 
2 sdm pasta tomat
1 sdm garam
1 sdt kaldu sapi
1 cup paprika hijau dan merah
3 buah Cabe hijau (buang bijinya kalau mau ga pedas, supaya anak2 bisa makan)
Haluskan
2 sdm bawang putih
2 ruas jari kunyit

Cara membuat
1. Cuci dan rendam beras basmati
2. Tumis bawang bombay dan bawang merah sampai layu, bawang putih dan kunyit yang sudah dihaluskan, paprika, dg minyak goreng/mentega/ minyak samin
3. Masukkan iga dan paha kambing, aduk2
4. Pindahkan ke panci presto. Lalu tambahkan daun salam, kapulaga, kayu manis, perasan jeruk nipis, lada putih, pure tomat, pasta tomat, garam dan air. Tutup panci presto, rebus kurleb 30 menit.
5. Pindahkan iga dan paha kambing ke panci. Saring kuahnya, tambahkan ke dalam panci. Adjust rasa.
6. Masukkan cabe hijau dan beras basmati yg sudah direndam. Tambahkan air panas bila perlu. Aduk2. Rebus hingga air habis. Ake, diamkan sejenak. Siap dihidangkan 🤗


Original recipe by :

International Cuisines (youtube)

Alliwa Alakhdar Kitchen (youtube)


Recook by me. 

------------------------------------
Catatan resep lainnya :
Share:

0 comments:

Post a Comment

Disclaimer

Dear reader, Nothing is perfect, demikian juga konten di blog ini. Oleh karena itu, terimakasih untuk komentar, sharing, saran, kritik dan untuk kunjungannya ke blog saya, yang walaupun imperfect namun semoga bermanfaat. ♥ vidya ♥

Labels

Drop me a message

Name

Email *

Message *

Recent Posts

About me

Empat tahun mengenyam pendidikan S1 Sekolah Farmasi, saya melanjutkan Pendidikan Profesi Apoteker satu tahun. Alhamdulillah semuanya dilancarkan dan saya berkesempatan berkarya di dunia industri kosmetik setelah saya lulus Pendidikan Profesi. Tiga tahun berkiprah di dunia itu, saya memutuskan berhenti sementara dari dunia karir demi berkumpul dengan keluarga kecil di Leoben, Austria

Saya mengenal blog semenjak kuliah profesi. Saya memiliki blog pribadi dan bergabung menjadi author di www.apotekerbercerita.com. Sebelumnya saya hanya menumpahkan isi pikiran di diary. Namun saya baru menyadari kecintaan menulis justru setelah berada di Austria. Dengan menulis saya banyak membaca dan belajar, mengingat, belajar berkomunikasi, belajar bertanggung jawab dan akhirnya saya mengijinkan diri saya sedikit berbangga dan bahagia meskipun mungkin menurut orang itu biasa saja hihi. Saya merasa ada yang terobati setiap bisa menyelesaikan satu judul tulisan. Maka saya pikir tidak ada alasan untuk berhenti menulis.

Terimakasih kepada siapa saja yang sudah berkunjung, selamat membaca dan semoga konten webblog ini bisa bermanfaat.

Salam hangat,

Vidya